Breaking News

Kembangkan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Sumbar - FH UNES Tandatangani MoU


Penandatangan kerjasama  Bawaslu Prov. Sumbar dengan FH UNES, kedua belah pihak tengah menandatangani MoU tersebut Sabtu (24/11)


SUARA PALAPA, PADANG; -- l07 mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Ekasakti (UNES) Padang mengikuti Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun  2019 di Ruang Sidang Rektorat Lantai III Universitas tersebut, Sabtu (24/11) kemarin.

Sosialisasi ini dihadiri Plt. Rektor Unes Dr. Otong Rosadi, S.H, M.Hum, Guru Besar Fakultas Hukum Unes Prof. Dr. Hj. Darmini Roza, S.H, M.Hum, Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, pemateri Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar, S.H, LL.M, Ph.D.

Kegiatan ini diawali dengan penanda tanganan Nota Kesepakatan antara Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Prov. Sumbar) dengan Fakultas Hukum (FH) Universitas Ekasakti (UNES) Padang.

Dari pihak Bawaslu Prov. Sumbar ditandatangani oleh Surya Efitrimen, S.Pt, M.H. dan Dekan Fakultas Hukum Unes Dr. Otong Rosadi, S.H, M.Hum. dilanjutkan dengan pemberian plakat dari kedua belah pihak.

Kerjasama ini, untuk meningkatkan peran aktif perguruan tinggi dalam kehidupan sosial dan pembangunan politik menuju kehidupan yang lebih demokratis.
Ruang lingkupnya meliputi kegiatan  penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas, berintegritas, dan demokrasi. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan untuk penyelenggara Pemilu. Penelitian aplikatif terkait partisipasi pemilih dan indek kualitas pemilu dan pilkada Sumatera Barat, Pengabdian kepada Masyarakat dan kegiatan lainnya.

Ketua Panitia Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Nurelida menyebutkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, untuk menyampaikan pandangan dan arahan umum tentang persiapan pengawasan pemilu tahun 2019 serta aspek penting fokus pengawasan, strategi kerjasama penyelenggara, stakeholders dan masyarakat secara partisipatif. 

Sasaran kegiatan ini dapat memperkuat koordinasi antara Bawaslu Prov. Sumbar dengan masyarakat terutama mahasiswa dengan harapan munculnya partisipasi aktif secara bersama-sama melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 sesuai peraturan dan perundang undangan, kata Nurelida.

Kemudian dapat meningkatkan pengetahuan terhadap fokus dan strategi Pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2019 dan dapat pula mewujudkan persamaan pandangan tentang tujuan dalam pelaksanaan Pelilihan untuk mewujudkan Pemilihan yang demokratis dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan, persamaan, keamanan dan keterbukaan serta mampu melahirkan iklim Pemilihan yang sejuk, damai dan menggembirakan bagi semua pihak yang terkait, terutama masyarakat/pemilih yang sebagai pemilik kedaulatan.

Bawaslu Prov. Sumbar mengharapkan mahasiswa UNES peduli dengan pelaksanaan dan pengawasan pemilu,  menjadi mitra dan bagian terpenting dalam melaksanakan fungsi pengawasan, tambah  Nurelida

Fritz Edward Siregar menyebutkan, peran masyarakat dalam pengawasan pemilu yaitu memberi informasi awal, mencegah pelanggaran, mengawasi/memantau dan melaporkan. Strategi pengawasan terutama dalam bentuk pencegahan terhadap potensi pelanggaran dengan melakukan tindakan, langkah-langkah dan upaya optimal mencegah secara dini potensi pelanggaran.

Penindakan terhadap dugaan pelanggaran dengan melakukan tindakan penanganan secara cepat dan tepat terhadap temuan dan laporan dugaan pelanggaran Pemilu.

Pengawasan kampanye di Media Sosial diatur dalam Perbawaslu No. 28 Tahun 2018 yaitu mengawasi akun media sosial yang didaftarkan dan selain yang didaftarkan di KPU.

Dikatakan, larangan dalam berkampanye di Media Sosial diatur dalam pasal 280 ayat (1) Undang Undang No.7 Tahun 217 yaitu mempersoalkan Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan NKRI, melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan NKRI, menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan/atau peserta Pemilu yang lain serta menghasut dan mengadu domba perseorangan atau pun masyarakat, ujar Fritz.   

Dari Ruang Sidang Rektorat Lantai III Universitas Ekasakti Padang, Jl. Veteran Dalam Kota Padang Sumatera Barat, Sabtu (24/11), Ka Humas UNES, H. Syarifuddin, SH, M.Hum, mengabarkan. (ibnu sultan)


Tidak ada komentar