Breaking News

Gelar Rakor Penertiban APK, Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu



SUARA PALAPA, SOPPENG; -- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Soppeng menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dalam wilayah hukum Kabupaten Soppeng.

Rakor ini digelar di Lantai 1 Hotel Saota Jl. Tujuh Wali-wali Watansoppeng, Selasa, 27 November 2018. Diikuti sejumlah stackholder Pemilu 2019 di Kabupaten Soppeng. Mereka adalah para Pimpinan Parpol,
Bawaslu, KPU Kabupaten, para pimpinan instansi terkait.

Ketua Bawaslu Soppeng, Winardi, dalam pengantarnya mengatakan, rakor ini digelar dalam rangka mengimplementasikan regulasi Pemilu, khususnya bidang pengawasan. Terkait APK yang sudah terpasang di berbagai tempat, Bawaslu berharap agar ditertibkan oleh peserta pemilu sendiri hingga dipasang sesuai dengan regulasi yang ada, seperti, kata Winardi mencontohkan, APK tidak boleh dipasang pada tempat umum di luar yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten, di transportasi / kendaraan umum atau plat kuning, tranportasi milik pemerintah atau plat merah.

Dikatakan pula, APK tidak boleh dipasang di pohon di pinggir jalan umum atau memasang dengan memaku pohon, juga tidak boleh disandarkan di tiang listrik.

Ketua Bawaslu Soppeng ini mengingatkan, pihaknya akan bersurat kepada peserta Pemilu, setelah sekali 24 jam akan dieksekusi APK dimaksud dalam melakukan penertiban APK.

Ketua KPU Kabupaten Soppeng Muhammad Hasbi mengatakan, hingga hari ini, Selasa, 27 November 2018, baru 8 parpol yang telah selesai pencetakan APK yang menjadi tanggung jawab pihaknya.


Hasbi meminta agar Parpol dan peserta Pemilu 2019 lainnya dapat memaklumi.

"Insya Allah, dalam waktu dekat semuanya akan rampung, APK ini secara bersama-sama akan diserahkan kepada semua peserta Pemilu," janji Hasbi.

Kapolres Soppeng diwakili Kabag Ops AKP Syafei, mengajak semua peserta Pemilu 2019 untuk secara bersama-sama mewujudkan Soppeng yang tetap kondusif, aman dan tertib hingga Pemilu terlaksana dengan sukses.

Berkaitan dengan  penertiban APK,  seandainya bisa, tanpa kehadiran Polisi pun penertiban APK tetap dapat berjalan dengan baik.

Sat Pol PP meminta kepada Bawaslu agar tetap menjalin koordinasi dengan instansinya dalam pelaksanaan penertiban APK. Dihimbau pula agar Sat Pol PP yang ada di kecamatan agar tidak bertindak tanpa koordinasi dengan Sat Pol PP di Kabupaten.

Ketua Bawaslu kembali menghimbau stackholder untuk menghindari regulasi yang multi tafsir agar Pemilu ini berjalan sukses.

Ini kesepakatan stackholder Pemilu 2019 di Soppeng dalam penertiban APK


Dalam rakor tersebut terformulasi kesepakatan yang ditandatangani stackholder tentang Penertiban APK. (ami)

Tidak ada komentar