Breaking News

Unasman dan Pemkab Polman Perkuat Riset Aplikatif Tanaman Padi



Citizen Reporter

Laporan: Harli A. Karim

Ketua Program Studi Agroteknologi Unasman Polman

Lamellong.com, Polman; -- Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) dan Pemda Polewali Mandar perkuat riset yang aplikatif.

Kegiatan tersebut berlangsung Selasa (14 /8/2018), di Aula Pertemuan Agrotecnho Park (ATP) Desa Nepo Kecamatan Wonomulyo Polman.

Tema riset kali ini adalah Uji Berbagai Sistem Tanam Terhadap Produktivitas Tanaman Padi. 

Pihak Pemda Polman dihadiri Manajer ATP Muhammad Yunus. Sedangkan dari Unasman dihadiri paneliti nasional Harli A. Karim dan Dekan Fakultas Pertanian Hasanuddin Kandatong.

Muhammad Yunus dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pemda Polman melalui Bappeda, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Fakultas Pertanian Unasman.

BATAN dan Unasman 1 tahun terakhir beberapa kali melakukan kerjasama khususnya dalam pengembangan varietas padi dan Kedele. Hasilnya sudah ditanam para petani padi di Polewali Mandar, tegas Yunus.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 orang terdiri dari kelompok tani binaan ATP Polman, Penyuluh Pertanian dan mahasiswa Fakultas Pertanian Unasman.

Ketua Program Studi Agroteknologi Harli A. Karim yang hadir sebagai pembicara utama menyatakan pengujian sistem tanam ini nantinya sangat bermanfaat.

Karena merupakan permasalahan umum ada di masyarakat petani. Selama ini banyaknya sistem tanam yang dilakukan oleh petani belum tentu semuanya sesuai dengan kondisi wilayah di daerah ini, kata Harli.

Riset ini sangat aplikatif karena akan langsung dapat diterapkan di lapangan. Beberapa riset lain yang tengah disiapkan.

Salah satunya adalah Evaluasi Waktu dan Pola Tanam berdasarkan Ketersediaan Air dan Analisa Curah Hujan di Wilayah Bendungan Sekka-Sekka.

Waktu tanam sudah mulai bergeser dan tidak teratur sehingga menimbulkan kekurangan air di beberapa wilayah dan sering terjadi ledakan hama, kata kandidat doktor pertanian PPs-Unhas ini.


Tidak ada komentar